4 Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Waktu Mandi

Apakah kamu sering melakukannya tanpa disadari?

1. Mandi dengan air panas terlalu lama
Mandi air hangat memang dapat menenangkan syaraf setelah seharian beraktifitas atau di pagi hari yang dingin. Namun ternyata, mandi dengan air panas terlalu lama justru dapat mengikis minyak alami kulit. Bahkan lebih parahnya, dapat memperburuk masalah kulit, seperti misalnya gatal-gatal. Jadi untuk kulit yang lebih sehat, sebaiknya mandi dengan air bersuhu hangat atau biasa saja.

 

2. Menggunakan sabun mandi dengan busa berlebihan
Semakin banyak busa yang dihasilkan oleh sabun mandi kamu, menandakan semakin banyak bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Adalah SLS atau Sodium Laureth Sulfate atau deterjen yang menyebabkan hal tersebut. Seperti halnya air panas, semakin banyak busa membuat minyak alami pada kulit semakin cepat atau banyak terkikis. Jadi alih-alih lembab, setelah mandi tubuhmu justru akan terasa semakin kering.

 

3. Bilas tidak bersih
Siapa yang pernah atau masih mendapati bagian belakang lehernya berbusa sabun padahal sudah keluar dari kamar mandi? Tidak bilas dengan bersih ternyata dapat menyebabkan iritasi pada kulit juga kekeringan.

 

 

4. Mengeringkan badan dengan cara yang salah
Cara mengeringkan badan juga sama pentingnya dengan mandi itu sendiri. Yang benar adalah dengan cara menepuk-nepukkan handuk dengan lembut alih-alih menggosoknya. Hal ini menghindari kulitmu menjadi kering karena air yang menguap terlalu cepat dari kulit akan meninggalkan kulit dalam keadaan kering. Itulah mengapa penting mengaplikasikan body lotion tiap kali sehabis mandi.