Beda Kulit Kering dengan Dehidrasi

 

Selama ini, banyak yang menganggap bahwa kulit kering adalah akibat dehidrasi,
namun ternyata, kulit kering dan dehidrasi adalah dua hal yang berbeda. Yuk, kita simak penjelasan berikut.

Apa Itu Kulit Kering ?

Kulit kering diklasifikasikan sebagai alipidic, yang berarti kulit tersebut tidak memproduksi sebum atau minyak. Karena kulit bergantung pada minyak untuk menahan kelembapan didalamnya, tanpa minyak menyebabkan kulit kering dan kasar, kerutan dan garis halus pun menjadi lebih jelas. Kulit kering juga dapat menyebabkan terganggunya fungsi kulit sebagai penahan, menambah tingkat sensitifitas dan peradangan, juga menyebabkan reaksi biokimia seperti rusaknya kolagen. Kulit kering biasanya merupakan kondisi genetik. Yang sering dirasakan oleh pemilik kulit kering ialah seolah “ketarik”, mudah mengelupas dan teksturnya tidak kenyal.

Bagaimana Mengatasinya ?

  • Menggunakan segala bentuk pelembab yang kaya akan emollient, juga shea butter, beeswax, jojoba oil dan sunflower
  • Memperbanyak minum air mineral
  • Mengonsumsi buah yang mengandung Vitamin A & C, serta makanan yang mengandung Vitamin E
    Asupan lemak yang cukup, terutama asam lemak omega seperti yang terdapat dalam ikan salmon dan buah alpukat
  • Mengurangi penggunaan air hangat untuk mandi atau mencuci muka
  • Menghindari sabun mandi berbahan deterjen. Sebaliknya, gunakan sabun mandi dengan pelembab alami, bebas pewangi dan alkohol

 

 

Apa Itu Kulit Dehidrasi ?

Kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang kekurangan kandungan air, tapi masih mungkin memproduksi minyak. Biasanya, terjadi karena faktor cuaca, hormon, salah menggunakan produk, sampai perubahan gaya hidup. Kondisi ini bisa dialami jenis kulit apapun, bahkan termasuk orang dengan jenis kulit berminyak. Ciri-ciri yang mudah dikenali dari kondisi ini, selain kulit juga terasa “ketarik”, yaitu make up tidak menempel dengan sempurna, pelembab cepat terserap tapi kulit tetap kering dan kulit terlihat kusam.

Bagaimana Mengatasinya ?

Pilihlah pelembab yang mengandung humectants, seperti glycerin atau hyaluronic acid karena mampu menyerap air kedalam kulit. Jangan terlalu banyak menggunakan produk exfoliant atau scrub karena akan memperparah dehidrasi kulit.