Fragrance 101: Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Parfum

Mulai dari istilah khusus sampai trik agar parfum lebih awet.

 

  • Parfum dirancang dalam beberapa notes yang menjadi penanda aroma secara keseluruhan. Ada 3 tingkatan notes, yaitu Top/Head Notes, Middle/Heart Notes, dan Base Notes. Top Notes adalah aroma yang pertama kali tercium di udara saat parfum disemprotkan ke permukaan kulit. Biasanya, top notes memunculkan aroma paling kuat dari sebuah parfum. Top Notes berubah jadi Middle Notes saat suhu tubuh mulai menghangat. Middle Notes biasanya lebih manis. Kemudian Base Notes atau aroma akhir mempunyai karakter lebih berat dan biasanya menjadi aroma khas dari parfum tersebut. Jadi, jangan terburu-buru memutuskan untuk membeli sebuah parfum begitu disemprotkan pertama kali, ya.

 

  • Lakukan beberapa tes sebelum memutuskan membeli sebuah parfum. Pertama, semprotkan sedikit saja pada pergelangan tangan bagian dalam. Biarkan sebentar, kemudian hirup lagi aromanya beberapa saat kemudian. Hal ini karena perbedaan suhu tubuh sampai kode hormon yang unik pada setiap manusia. Sehingga kadang, parfum yang sama belum tentu menghasilkan efek aroma yang sama juga di orang yang berbeda. Tapi kalau kamu sudah tahu dengan aroma dasar yang cocok dengan dirimu, kamu bisa menentukan membeli parfum secara online cukup dengan membaca bahan utamanya.

 

  • Parfum disemprot di kulit ya, bukan di pakaian. Terutama di area-area yang banyak titik nadi, seperti pergelangan tangan bagian dalam, belakang telinga, dan leher. Ada juga yang suka menyemprotkan parfum di area dada dan belakang lutut! Poin penting lain adalah, kapan waktu terbaik pengaplikasian parfum. Sebaiknya, gunakan setelah mandi di saat kulit masih lembab. Kulit yang lembab dapat mengunci aroma parfum lebih lama dibanding apabila disemprotkan pada kulit kering. Kamu pun bisa menggunakan body lotion atau pelembab di tempat-tempat yang akan disemprotkan parfum terlebih dulu.

 

  • Supaya parfum kamu tahan selama mungkin,alias wanginya tidak berubah begitu akan dipakai, cara penyimpanannya pun perlu diperhatikan baik-baik. Simpan botol parfum di tempat yang kering dan sejuk, seperti misalnya di dalam lemari pakaian, laci, atau bahkan di dalam lemari pendingin! Jangan menyimpannya di depan jendela atau tempat-tempat yang langsung terkena matahari. Jangan juga menyimpan parfum di tempat yang lembab, seperti di dalam kamar mandi.

 

  • Parfum dapat mengangkat mood seketika, membuatmu merasa jauh lebih baik. Parfum juga berpotensi untuk menarik lawan jenis atau menjadikanmu pusat perhatian. Bahkan, parfum juga dapat bernilai sejarah karena membangkitkanmu akan sebah memori. Wangi vanila dipercaya sebagai wangi “standar” yang dapat membuatmu merasa bahagia, sementara lavender memberi ketenangan, dan citrus untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Kalau kamu ingin mendapat suntikan semangat dari wewangian, gunakan parfum beraroma bunga mawar. Velvy Fine Fragrance Mist varian Elegant Rose cocok untuk menyemangatimu sebelum mulai beraktifitas. Selain itu, wanginya juga dapat membuatmu tampil lebih elegan dan percaya diri. Kalau varian Blooming Petals yang beraroma Peony, masih dari Velvy Fine Fragrance Mist, sih pas dipakai saat kencan pertama atau bertemu seseorang yang spesial karena wanginya yang sweet dan sensual dapat menggoda indera penciuman orang lain. Sementara Winter Musk dengan keharuman otentik Cotton bisa membuatmu lebih playful saat bersosialisasi.