Kenali Bahan Dalam Pemutih Kulitmu

Jangan sampai celaka hanya karena ingin tampil sempurna.

Sebagai konsumen yang pintar, tentunya kamu ingin produk yang efektif sekaligus aman untuk dipakai baik dalam jangka waktu pendek, terlebih panjang. Langkah pertama untuk meyakinkan diri bahwa sebuah produk aman, adalah mencermati kandungan yang tertera di dalamnya. Beberapa jenis bahan beresiko yang kerap dipakai dalam produk pemutih “abal-abal” antara lain Merkuri atau air raksa, Hidrokinon, Steroid atau yang sering juga disebut sebagai Corticosteroid, Rhododenol, kombinasi Hidrokinon-Corticosteroid-Retinoic Acid.

Nah, berikut adalah bahan pemutih kulit yang aman:

 

Asam Kojic

Berasal dari Koji atau jamur Jepang, bahan satu ini menghambat produksi enzim tyrosinase yang mengurangi produksi melanin atau pigmen penentu warna kulit.

 

Ekstrak Mulberry

Diambil dari akar tumbuhan Mulberry. Selain mulberry, buah dalam keluarga berry memang terkenal mengandung antioksidan tinggi.

 

Arbutin
Senyawa aktif yang dapat ditemukan dalam uva ursi atau tanaman sejenis semak yang berkembang di tanah subur, seperti Arctostaphylos/bearberry/beargrape, blueberry, cranberry, pear, ini juga merupakan penghambat pembentukan melanin. Seperti yang kita tahu, melanin adalah kadar pigmen yang menentukan warna kulit juga rambut.

 

Glutathione
Antioksidan yang sangat kuat. Selain untuk memutihkan kulit, baik juga untuk detoksifikasi dan meningkatkan imun tubuh.

 

Akar Licorice

Efektif untuk memutihkan kulit, sekaligus mengandung anti radang untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar UV.

 

Pepaya

Kandungan enzimnya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan kulit.

Vitamin A, B3, C
Ketiga vitamin di atas masing-masing adalah vitamin yang ampuh untuk masalah-masalah kulit, seperti kusam, kering, penuaan dini, dan bekas luka.

 

Ekstrak Teh Hijau

Sudah terbukti sebagai bahan yang dipakai dalam dunia pengobatan tradisional di Jepang dan China selama berabad lamanya, green tea yang kaya akan kandungan antioksidan, enzim, asam amino, Vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein ini adalah salah satu agen kulit sehat dan cantikmu.

Setelah tahu fakta di atas, tugas kamu sebagai konsumen adalah memilih produk perawatan kulit dan make up yang tepat supaya terhindar dari efek buruk. Nggak mau kan gara-gara produk kecantikan, kamu justru jadi punya masalah kecantikan dan kesehatan yang gawat di kemudian hari? Yuk, mulai perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk yang kamu pakai.